Apa itu Freelancer.co.id, Konsep Kerja dan Tips Suksesnya

Apa itu Freelancer.co.id, Konsep Kerja dan Tips Suksesnya


Freelancer.co.id adalah regional website berbahasa Indonesia dari Freelancer.com, yang merupakan marketplace untuk freelancing dan crowdsourcing terbesar di dunia dilihat dari jumlah pengguna dan proyek yang diposkan. Situs ini menghubungkan bisnis skala kecil dan menengah (employer) dengan para tenaga lepas atau lebih sering disebut sebagai freelancer.

https://www.freelancer.co.id/affiliates/myyesok

Lewat situs ini, individu/perusahaan bisa memposting sebuah proyek yang bisa dikerjakan oleh para freelancer dan di sisi lain, para freelancer bisa memasukkan proposalnya kepada pemilik bisnis untuk dipekerjakan berdasarkan proyek atau paruh-waktu.

Lebih dari 17 juta pengguna teregister secara global telah memposkan lebih dari 8 juta proyek dan kontes sampai hari ini di situs ini di lebih dari 850 bidang seperti website development, logo design, marketing, copywriting, astrophysics, aerospace engineering dan manufacturing. Di Indonesia, bidang yang paling banyak diminta adalah entri data, desain grafik, web development dan pekerjaan yang berkaitan dengan aplikasi mobile serta konten.

https://www.freelancer.co.id/affiliates/myyesok

Kita dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan disitus ini dan memilihnya sesuai keahlian kita. Disitus ini kita dapaat dibayar dengan menggunakan harga tetap ataupun dibayar perjam.

Tips Jadi Freelancer yang sukses
  1. Temukan bidang yang kita sukai atau kuasai. Ada bayak pekerjaan yang dapat kita temukan dan kita kerjakan sesuai apa yang kita suka atau yang kita kuasai.
  2. Bergabung dengan situs marketplace freelance online dalam hal ini dapat melakukan registrasi secara gratis disini
  3. Buat profil yang kredibel, Kita dapat menunjukkan resume, portofolio dan keahlian. Ini dapat menjadi sarana meyakinkan calon employer Kita bahwa Kita memang dapat mengerjakan proyek mereka.
  4. Cari proyek yang sesuai dan mulai bekerja. Setelah Kita menemukan proyek yang tepat, Kita dapat melamar pekerjaan tersebut. Selain pada halaman Pekerjaan, Kita juga dapat memeriksa halaman kontes, di mana Kita dapat memasukkan karya Kita.
  5. Tonjolkan diri saat dalam proses bidding. Satu hal yang harus diperhatikan saat sedang melamar sebuah proyek adalah membaca secara seksama deskripsi dari proyek tersebut. Karena tidak jarang, employer menanyakan detail spesifik dari proyek yang hendak dikerjakan. Sebaiknya Anda melakukan bid dengan jelas dan singkat. Hal-hal yang perlu dimasukan dalam bid antara lain: a) berapa biaya yang harus mereka bayar dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut, b) Jika employer menghubungi Kita, sebaiknya dimerespons secepat mungkin. Oleh sebab itu pastikan contack yang dimasukan dalam bid dapat dihubungi. c) Memberikan contoh dari hasil kerja sebelumnya dengan memberikan link dimana pekerjaan itu dimuat (jika ada). Pastikan bahwa contoh yang diberikan masih ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar, pastikan bahwa contoh yang diberikan adalah contoh terbaik dari pekerjaan yang pernah diselesaikan.
  6. Bangun reputasi. Semakin bagus reputasi Kita, maka para employer akan semakin percaya pada Kita yang berarti Kita akan mendapatkan semakin banyak proyek.
  7. Saat mendapat proyek, pastikan sistem pembayaran aman

Konsep Kerja

Di Freelancer.co.id, para pencari tenaga lepas atau employer bisa memposting proyek / pekerjaan lengkap dengan detail profil freelancer apa yang dicari, deadline beserta anggaran biaya untuk membayar freelancer.

Para freelancer lalu bisa mulai melakukan penawaran kepada para employer dengan memasukkan portfolio dan informasi mengenai apa saja yang bisa mereka kerjakan, berapa harga yang mereka tawarkan untuk jasa mereka serta berapa lama mereka bisa mengerjakannya.

Begitu employer mendapatkan freelancer yang cocok, maka ia dapat memilihnya untuk mengerjakan pekerjaan yang telah di tawarkannya. Disini Freelancer.co.id berperan sebagai mediator antara employer dan freelancer.

Freelancer.co.id menawarkan fitur spesial bernama Milestone Payment untuk memastikan bahwa pembayaran terhadap proyek dibuat secara aman di dalam platform. Milestone payment bisa dibuat oleh seorang employer yang sudah memberikan proyek kepada seorang freelancer. Hal ini menunjukan kesediaan employer untuk membayar freelancer yang telah ditunjuk, sehingga membuat sang freelancer bersedia mengerjakan pekerjaan dengan baik. Ketika Milestone Payment dibuat, uang sudah diambil dari employer ke dalam sistem di Freelancer.co.id, tapi belum dikirim ke freelancer tersebut. Dana itu akan ditahan sampai waktu yang ditentukan ketika employer puas dengan pekerjaan yang diselesaikan oleh freelancer. Employer disarankan untuk hanya melepaskan Milestone Payment ketika seluruh tugas telah diselesaikan atau seluruh kesepakatan telah dipenuhi freelancer bersangkutan sesuai dengan standar yang ditentukan sebelumnya.

Untuk keanggotaan para freelancer dan employer dibagi dalam beberapa kategori.
Freelancer yang memilih akun gratis, hanya bisa melakukan penawaran sebanyak 8 buah per bulan dan mendapatkan potongan fee sebesar 10 persen dari total nilai proyek setiap kali telah terikat dalam suatu proyek. Untuk keanggotaan berbayar (ada iuran berlangganan dikenakan per bulan), semakin tinggi level keanggotaan seorang freelancer (semakin mahal iuran berlangganannya), semakin banyak penawaran yang bisa dia lakukan per bulan dan semakin kecil potongan fee yang dia dapatkan.
Sementara untuk employer, mereka yang memilih keanggotaan gratis hanya mendapatkan potongan fee sebesar 3%. Untuk keanggotaan berbayar, semakin tinggi level keanggotaan seorang employer, semakin banyak benefit lain yang bisa dia dapatkan dengan potongan fee yang sama kecuali untuk keanggotaan premium (yang tertinggi) yang tidak akan dikenakan fee (potongan) proyek sama sekali.

Tips untuk Freelancer mendapat employer yang benar alias bukan scam :
  1. Lakukan semua chat/skype/perbincangan melalui situs Freelancer.com. Termasuk saat ada konfirmasi bidding (seumpama kita menang bidding). Karena ternyata penipuan bisa terjadi saat kita berada di luar situs tersebut.
  2. Cek terlebih dahulu tentang data-data employer. Di sini ya : Cari/pilih employer yang sudah mempunyai rating yang ada bintang-bintangnya. Itu berarti si employer sudah beberapa kali membuka job dan sukses. Verifikasi juga harus di perhatikan ya, karena employer yang sudah terverifikasi berarti sudah ada dana yang "siap di tarik".
  3. Pastikan skill yang kita punya sesuai dengan pekerjaan yang kita bidding.

https://www.freelancer.co.id/affiliates/myyesok

Baca Juga:
1
2
Alternatif Adsense Terbaik
3
Rekomendasi situs PTC Terbaik
4
4 Situs Pemendek Url Berbayar Terbaik
5
AdNow Vs PayClick, Peluang dapat uang dari blog
6
CPMAffiliation Vs ShmokiAds, Dapat uang dari blog
7
Popcash Vs PopAds, Dapat uang dari blog

https://goo.gl/omhdVN

Previous
Next Post »